Wednesday, April 8, 2009

JADILAH MANUSIA YANG BANYAK MEMBERI MANFAAT KEPADA ORANG LAIN

Saudara Ku…

Kita hidup didunia ini hanyalah sekadar singgah untuk mengumpulkan bekalan /pahala untuk dibawa ke Akhirat kelak. Secara umumnya Manusia didunia ini boleh dikategorikan kepadai empat jenis :

1. Manusia yang hidupnya pendek dan manfaatnya sedikit
2. Manusia yang hidupnya panjang tetapi manfaatnya sedikit
3. Manusia yang hidupnya pendek dan manfaatnya banyak
4. Manusia yang hidupnya panjang dan manfaatnya banyak

Mungkin kita ingat sabda Rasulullah “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain ” (HR. Bukhari).”

Manusia yang hidupnya pendek dan manfaatnya sedikit.
Ini adalah jenis manusia yang wajar kita hindari, Alangkah celakanya kita jika tergolong dalam hidup seperti ini .. Sudahlah umurnya pendek, tidak pula bermanfaat kepada orang lain.

Manusia yang hidupnya panjang tapi manfaatnya sedikit.
Hidup yang mungkin hanya mendapatkan kenikmatan di dunia saja padahal Allah sudah memberi kesempatan kepadanya untuk memperbaiki hidupnya akan tetapi disia-siakan.

Manusia yang hidupnya pendek dan manfaatnya banyak,
Syukurlah manusia yang dikurniai Allah hidup seperti ini. Walaupun hidupnya di dunia sebentar akan tetapi dia bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Manusia yang hidupnya panjang dan manfaatnya banyak ..
Subhanallah … Allahu Akbar, Maha Besar Allah yang telah menjadikan hamba ini panjang umur dan sangat bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain.
Kita harus ingat, sekecil apapun perbuatan kita yang baik tentu Allah akan membalas kebaikan itu sesuai dengan nisbahnya, kemudian ditiru oleh orang lain maka pahala yang diberikan oleh Allah selain untuk orang tersebut juga diberikan kepada orang yang memberi contoh perbuatan baik itu tanpa mengurangi sedikitpun pahala yang diberikan pada yang mengerjakannya. Begitu juga sebaliknya kalau kita memberi contoh perbuatan yang tidak baik tentu dosa itu akan berbalik kepada orang yang memberi contoh pertama kalinya. Bayangkan sudah berapa banyak dosa yang terhimpun pada diri kita hanya gara-gara memberi contoh yang tidak baik kemudian ditiru oleh orang lain ? Ibarat Multi Level Marketing, semuanya akan berantai sampai dihujungnya. Jadi … tinggal anda menghitung sendiri seberapa besar manfaat anda hidup di dunia ini bagi diri anda sendiri dan orang lain …

Wallahu a’alam

No comments: